Wednesday, September 5, 2018

Masyarakat Indonesia Jauh dari Bahagia, Negara Apa Paling Bahagia di Dunia?

Sumber gambar: https://bit.ly/2J3tKL4

Sahabat, apakah Anda orang yang bahagia? Menurut Sahabat, apakah masyarakat Indonesia adalah orang-orang yang berbahagia? Rupanya tingkat kebahagiaan bisa diukur loh, walaupun tentu saja mengukur tingkat kebahagiaan seseorang sama sulitnya dengan mencari jarum di tumpukan jerami. Bagaimanapun hal ini tak mustahil untuk dilakukan dan bisa diukur secara ilmiah. 


Dalam penelitian ilmu sosial, tingkat kebahagiaan diartikan sebagai penilaian seseorang terhadap total kualitas hidupnya sebagai kehidupan yang positif. Singkatnya bagaimana seseorang merasakan kepuasan dan kesenangan pada hidupnya. Karena penilaiannya subjektif, maka penelitian tentang tingkat kebahagiaan dilakukan dengan bertanya pada masing-masing orang tentang hidupnya, apakah ia cukup bahagia atau tidak. 


Cara untuk mengukur kebahagiaan ini adalah lewat survei. Responden akan menjawab beberapa pertanyaan dalam kuesioner. Jawaban kemudian dijadikan data yang dihitung dan dikonversi ke dalam skala penilaian kebahagiaan. Secara internasional ada beberapa kuesioner yang lazim dipakai dengan perbedaan pendekatan dan persepsi kebahagiaan seperti  Oxford Happiness Inventory – Inventarisasi Kebahagiaan Oxford (Argyle and Hill), Subjective Happiness Scale – Skala Kebahagiaan Subjektif (Lyubomirsky & Lepper), Satisfaction with Life Scale – Kepuasan dengan Skala Kehidupan(Deiner,Emmons, Larsen and Griffin) 


Sahabat, mengukur tingkat kebahagiaan masyarakat suatu negara ternyata cukup penting karena ukuran ini bisa menunjukkan tingkat perkembangan masyrakat itu sendiri. Dengan mengetahui seberapa bahagia suatu masyarakat mulai dari persepsi kebahagiaan dari pekerjaan, perumahan, ekonomi, sampai kesehatan; maka pembuat keputusan bisa lebih baik dalam menentukan arah kebijakan negara. 


Tahukah Sahabat negara manakah yang masyarakatnya paling bahagia? Indonesia berada di urutan berapa ya? Nah berdasarkan studi oleh Gallup World Poll yang dilaporkan dalam World Happiness Report tahun 2018, 10 besar negara dengan penduduk paling bahagi dari survey di tahun 2015 – 2017 adalah: 
  1. Finlandia
  2. Norwegia,
  3. Denmark,
  4. Islandia
  5. Swiss,
  6. Belanda
  7. Kanada
  8. Selandia Baru
  9. Swedia
  10. Australia

Indonesia berada di posisi 96 jauh dari negara tetangga Singapura di posisi ke 34 dan Malaysia di posisi 35. Indonesia tepat berada di bawah Vietnam. Menariknya, Jepang yang secara ekonomi melesat di atas Malaysia berada di posisi ke 54.


Sumber: World Happiness Report 2018


Beberapa hal yang menjadi pembeda kebahagiaan masyarakat tiap negara tentunya adalah pendapatan per kapita. Pendapatan per kapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara.Selain pendapatan hal lain yang mempengaruhi kebahagiaan adalah jaminan sosial, tingkat harapan hidup, kebebasan, dan persepsi terhadap korupsi. Nah rupanya masyarakat Indonesia masih rendah penilaiannya terhadap tindak pidana korupsi, tak heran ini turut mempengaruhi tingkat kebahagiaan.

Uang memang hal utama yang menentukan kebahagiaan masyarakat dunia sejauh ini selain tentu saja jaminan sosial dan keamanan. Semoga tingkat kebahagiaan masyarakat Indonesia bisa melesat masuk ke 50 besar di tahun selanjutnya. Nah, menurut Sahabat dari skala 1-10 seberapa besarkah tingkat kebahagiaan Sahabat?


#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 


Sumber:
https://s3.amazonaws.com/happiness-report/2018/WHR_web.pdf

No comments:

Post a Comment

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...