Tuesday, September 11, 2018

Bukan Cuma Baca dan Tulis, Ini 5 Jenis Literasi Yang Sahabat Perlu Tahu

sumber gambar: https://bit.ly/2b5fHnH
Topik literasi lagi? Jangan bosan untuk menggali pengetahuan lebih banyak tentang literasi Sahabat. Mengapa? Karena literasi sangat penting dan dibutuhkan dalam hidup manusia. Seperti artikel sebelumnya yang bisa Sahabat baca di sini, literasi bukan hanya persoalan membaca dan menulis. Literasi adalah kemampuan individu untuk bisa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan kemampuan membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memahami aneka simbol-simbol dan arti sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Sahabat, istilah literasi sebenarnya berasal dari bahasa Latin yaitu Literatus yang artinya adalah orang yang belajar. UNESCO mendefinisikan literasi sebagai seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif dalam membaca dan menulis, terlepas dari bagaimana, darimana, dan dimana keterampilan yang dimaksud diperoleh. Lebih lanjut, pemahaman seseorang akan literasi juga dipengaruhi oleh kompetensi bidang akademik, konteks nasional, institusi, nila-nilai budaya serta pengalaman.

Di era modern ini konsep literasi berkembang mencakup definisi yang lebih luas. Literasi mencakup juga kemampuan untuk menggunakan bahasa, angka, gambar, komputer dan alat-alat lain yang dipakai untuk memahami dan mengkomunikasian pesan, mendapat pengetahuan baru, memecahkan masalah di bidang matematika dan penggunaan sistem-sistem simbol dari sebuah budaya. Literasi juga meliputi kemampuan untuk mengakses pengetahuan lewat teknologi dan kemampuan untuk memahami konteks pemasalahan yang kompleks.

Kunci dari literasi adalah kemampuan membaca. Dengan membaca maka individu akan mampu untuk memahami bahasa tertulis, memahami simbol dan makna tertulis serta di tahap selanjutnya bisa memahami keseluruhan isi teks tertulis dan mengkomunikasikannya dengan baik. Ternyata kebasaan membaca akan sangat membantu kehidupan, ya?

Sahabat, tahukah Anda bahwa di dalam kegiatan membaca ada ilmu-ilmu dasar kebahasaan yang tanpa sadar Sahabat pelajari juga. Ada pemahaman tentang bunyi ucapan (fonologi), pola ejaan (ortografi), arti kata (semantik), tata bahasa (syntax) dan susunan kata (morfologi) yang saling berkaitan dan untuk memahaminya diperlukan pemahaman yang baik serta kelancaran membaca (fluency) juga. Ketika bisa menguasainya maka Sahabat akan mudah untuk memberikan analisis terhadap aneka isu dan informasi dengan lebih baik.

Masih ingatkah Sahabat dengan aneka perdebatan tak santun di media sosial akhir-akhir ini? Ini bukan hanya masalah tentang adat istiadat dan sopan santun, tetapi bagaimana cara mengonsumsi informasi, mengartikan dan mengomentarinya dengan bijak dan masuk akal. Kemampuan menggunakan media ini juga termasuk dalam kecakapan literasi loh. Yuk disimak aneka jenis kecakapan literasi yang perlu Sahabat tahu.

Literasi Media: yaitu kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi dan menghasilkan komunikasi bermakna dalam berbagai situasi. Orang yang punya kemampuan literasi media akan bisa berpikir kritis terhadap apa yang mereka lihat, dengar dan baca dari buku, koran, majalah, televisi, radio, film, musik, iklan, video games, internet dan jenis teknologi baru lainnya.

Literasi Komputer: yaitu kemampuan untuk menggunakan komputer dan software yang berkaitan untuk keperluan-keperluan yang membutuhkannya. Jadi Sahabat bisa menyimpulkan sendiri ya menggunakan software untuk melanggar privacy orang termasuk kegiatan literasi positif atau tidak hehe.

Literasi Digital : Yaitu kemampuan literasi yang bukan hanya terpaku pada kemampuan teknis untuk mengoperasikan peralatan digital dengan baik tetapi juga mencakup aneka kemampuan kognitif yang diperlukan dalam menyelesaikan aneka permasalahan dalam lingkungan digital. Contohnya, kegiatan berselancar di dunia maya untuk mendapatkan informasi, bekerja dengan pusat data, chatting di chat room dan lain sebagainya.

Literasi Informasi: Yaitu literasi yang berkaitan dengan kemampuan untuk memperoleh informasi, mengidentifikasi, mengevaluasi dan secara efektif menggunakan informasi untuk mengatasi masalah yang ditemukan.

Literasi Teknologi : Yaitu kemampuan untuk menggunakan teknologi secara bertanggung jawab dalam berkomunikasi, memecahkan masalah, mengakses, mengatur, mengevaluasi, dan menciptakan informasi untuk meningkatkan upaya belajar dalam aneka bidang ilmu sebagai cara memperoleh pengetahuan di abad ke 21 ini.

Sahabat, penjelasan tentang aneka jenis literasi di atas hendaknya bisa dijadikan masukan untuk lebih menikmati dan mempelajari dunia literasi. Mari mulai dengan cara yang paling sederhana yaitu banyak membaca. Membaca membuat kita melek literasi. Anyway, sudah berapa buku kah yang dibaca bulan lalu?

Referensi:
https://teach.its.uiowa.edu/sites/teach.its.uiowa.edu/files/docs/docs/Types_of_Literacy_ed.pdf
https://en.wikipedia.org/wiki/Literacy



#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 

6 comments:

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...