Monday, September 10, 2018

Bersahabat dengan Literasi

sumber gambar: https://bit.ly/2NGN0wX

Istilah literasi tentunya tak jamak lagi didengar. Tapi apakah Sahabat mengetahui apakah literasi itu sebenarnya? Apakah literasi hanya berkaitan dengan kegiatan menulis dan membaca saja?  Ternyata kegiatan literasi tidak hanya mencakup dua hal itu saja loh, menurut organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya PBB (UNESCO) literasi bermakna aplikasi dan hubungan sosial yang terwujud dan berkaitan dengan pengetahuan, budaya, dan bahasa.

Di tahun 2003 UNESCO juga mendeklarasikan gerakan melek literasi dikarenakan pentingnya kegiatan literasi ini. Seseorang yang menguasai informasi literasi akan mampu untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah dengan baik. Ternyata kemampuan memahami bacaan melalui kegiatan membaca sangat positif bagi perkembangan kehidupan individu.

Saat ini teknologi sudah mengisi tiap lini kehidupan. Coba Sahabat ingat, kapan terakhir kali, hanya di hari ini, Sahabat menggunakan gawai? Sekarang pun Sahabat membaca postingan ini lewat gawai kan? Nah, teknologi informasi yang sedemikian cepat perkembangannya mempengaruhi pula bagaimana kita bisa mengolah informasi. Kurangnya kemampuan dalam bidang literasi akan membuat kita dalam memahami bahasa tertulis, bahasa lisan, dan juga memahami pesan dan mengkomunikasikan pesan tersebut dengan benar.

Sahabat mungkin lebih menyukai nonton video di YouTube daripada membaca buku, apalagi menulis. Ketika Sahabat nonton video sesungguhnya otak Sahabat diarahkan oleh tayangan yang dilihat, otak menyerap informasi satu arah saja. Sementara jika membaca koran, majalah, atau buku, sebenarnya ada komunikasi dua arah yang tak disadari.

Ketika Sahabat membaca maka Sahabat perlu menginterpretasikan susunan kata per kata yang dirangkai dalam kalimat itu. Sahabat juga menarik kesimpulan dan bahkan ikut membayangkan peristiwa yang ditulis. Kemampuan memahami bacaan tertulis juga akan menambah kosa kata tanpa disadari. Semakin banyak Sahabat membaca maka semakin mudah Sahabat mengungkapkan pikiran dengan kalimat yang tertata baik, semakin mudah Sahabat memahami pesan tertulis dan pastinya semakin membantu Sahabat menjalani hidup. Ingat, pada intinya dalam kehidupan sosial kita interaksi dilakukan secara lisan dan tertulis.

Memiliki dasar yang kuat dalam bidang literasi juga akan membuat karir Sahabat menanjak baik. Proses rekrutmen dilakukan dengan menulis surat lamaran dan CV yang baik. INi juga membutuhkan skill menulis dan membaca yang cukup. Kemampuan dasar literasi yang baik juga akan membantu dalam pekerjaan seperti misalnya untuk membuat presentasi.

Dalam komunikasi non-verbal juga dibutuhkan kemampuan literasi yang mapan. Misalnya komunikasi jarak jauh via pesan singkat, WA, atau e-mail. Sahabat harus mampu menyampaikan pesan dengan tepat hanya lewat bahasa tertulis. Sering kali pesan tidak diterima dengan baik karena tidak bisa menuliskan dengan kalimat yang tepat dan efektif.

Teknologi terbukti sudah mengubah peradaban. Banyak hal yang hilang dan banyak hal yang tercipta karena teknologi. Selayaknya Sahabat mengimbangi informasi yang cepat datang dengan kemampuan literasi yang mumpuni. Ayo bersahabat denganliterasi, mulai dari diri sendiri dan ajak orang-orang terkasih di sekitar Sahabat. Jika tahu pentingnya literasi, jangan ragu lagi untuk bersahabat dengannya ya?




#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 

Referensi:
http://www.stevenson.edu/online/blog-news-events/importance-of-literacy
http://literasi.jabarprov.go.id/baca-artikel-473-literasi-membawa-bangsa-lebih-pandai-dan-bijak.html



13 comments:

  1. Overall saya suka cara kk membahas artikelnya.. bahasanya enak dan ngalir.. saya jadi iri 😂 moga bisa buat artikel seperti ini juga

    Iya nih... bukan karena gawainya sih, lebih ke penggunanya... banyak kok banyak yang tiap hari baca tulis digawai, baca tulis chat tapi 😂😭 Saya juga seperti itu sih 😂😂😭 tapi semoga kita bisa mempertahankan budaya baca tulis meski lewat gawai.. wattpad menurut saya contoh baik bagi penyuka fiksi... cuman tetap harus disaring lagi sih.. karena ada beberapa konten yang kurang baik buat anak dibawah umur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih komentarnya dan selamat berliterasi. Saya berencana menuliskan lebih lanjut tentang jenis literasi di postingan selanjutnya :)
      Terima kasih sudah mampir

      Delete
  2. Jadi maksudnya literasi itu tidak hanya menulis atau membaca tetapi mengaplikasikan informasi yang kita peroleh dalan kehidupan sosial. Begitukah?

    ReplyDelete
  3. Setuju dengan Ka Nefilia H, aku juga suka tulisannya yang bahasanya renyah dan mengalir. Selain itu isinya informatif sekaligus persuasif. Like deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Alhamdulillah, terima kasih banyak kunjungan dan komentarnya Kak Ake sayang :)

      Delete
  4. Senangnya bisa bersahabat dengan
    Literasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kita lanjutkan persahabatan baik ini kak :)

      Delete
  5. Replies
    1. Walaikumsalam Kak Yeti, terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  6. Mba Silvana, maaf baru sempat mampir. Tulisannya sangat bagus dan bermanfaat. Semoga kita semua semakin bersahabat dengan literasi 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mb Evita, terima kasih banyak apresiasi dan komentarnya. Ditunggu kunjungan selanjutnya :)

      Delete

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...