Sunday, October 28, 2018

11 Alasan Kuat Pentingnya Membaca Buku, Ga Baca Ga Keren!


sumber: https://bit.ly/2EQwTwZ


Sahabat, berapa buku yang sudah Sahabat baca bulan ini? Adakah buku-buku yang sudah lama dibeli tapi belum lama terbaca? Berapa banyak buku yang tak rampung dibaca bulan lalu, atau mungkin sejak tahun lalu?

Sejak teknologi aktif datang menyapa kehidupan mulai dari pagi sampai pagi lagi, buku adalah salah satu yang terpinggirkan oleh teknologi. Tentu saja ada koran yang sudah tamat riwayatnya dibabat habis oleh informasi via gawai. Tahukah Sahabat pentingnya membaca buku untuk kehidupan kita? Simak manfaatnya berikut ini.

1. Menambah pengetahuan
Alasan terbesar dari membaca buku adalah karena buku memberi banyak informasi. Tak seperti berita sekilas di TV atau yang mampir di gadget, buku mengupas tuntas sebuah subjek dengan ilmiah bukan hanya asumsi belaka. Ini khususnya akan Sahabat dapatkan ketika membaca buku-buku non-fiksi yang berisi pengetahuan seperti ensiklopedi, hasil penelitian, dan lainnya/

2. Meningkatkan kinerja otak
Tahukah Sahabat bahwa kegiatan membaca bisa memberikan efek yang positif pada otak, merangsang kinerjanya agar menghindarkan kita semua dari dementia alias pikun dan penyakit otak lain macam Alzheimer. Membaca membuat otak kita aktif dan mencegah otak kehilangan energinya. 

3. Mengurangi Stres
Membaca punya efek baik untuk tubuh kita. Ternyata kegiatan ini bisa mengurangi stres loh, jauh lebih baik dibanding dengan kegiatan mendengarkan musik atau jalan-jalan santai. Jika Sahabat merasa bosan ketika membaca buku dan merasa stres, mungkin Sahabat telah membaca buku yang salah.

4. Mempertajam Memori
Berkaitan dengan antipikun, maka kegiatan membaca bisa meningkatkan daya ingat kita karena sebenarnya ketika membaca buku, misalnya fiksi, ada setting, penokohan, alur cerita, karakter dan lainnya yang kita ingat. Halaman per halaman menggiring kemampuan memori otak untuk merangkai kejadian dan membentuk cerita sesuai dengan apa yang disebut dalam buku.

5. Meningkatkan Imajinasi
Semakin banyak Sahabat membaca, maka semakin meningkat kemampuan imajinasi Sahabat. Ketika membaca buku fiksi, buku ini akan membawa Sahabat ke dunia lain. Sahabat bisa membayangkan apa yang sahabat baca dan berusaha merasakan semua yang diceritakan dalam buku. Bahkan mungkin terbawa mimpi, benar kan?

6. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Ternyata membaca itu bisa meningkatkan kemampuan berpikir kita lebih logis dan kritis loh. Kok bisa? Karena sesungguhnya baik buku non-fiksi maupun fiksi sekalipun dibangun dengan logika berpikir yang logis. Berurutan, jelas, dibangun dengan dasar pemikiran yang kuat dan ya logis. Masuk akal. Imajintif pun masih masuk akal dan bisa diikuti dengan nalar. Karenanya banyak membaca akan membuat Sahabat bisa beranalogi, berpikir lebih kritis dan mudah mencerna informasi. 

7. Menambah kosa-kata
Tahukah Sahabat apa arti kata lazuardi, centang-perenang, dan renjana? Ini tiga kata yang saya temukan dalam beberapa novel yang saya baca. Seperti pernah mendengar tapi apa ya artinya? Nah, membaca bisa menambah kosa-kata loh. Banyak ungkapan, kata baru, frase dan gaya tulisan yang bisa dipelajarii sekaligus dinikmati.  

8. Meningkatkan kemampuan menulis
Ya, ada hubungan kuat antara membaca dan menulis. Keduanya menggunakan bahasa non-verbal, tertulis. Jadi memahami sebuah kalimat akan memudahkan kita untuk menuliskan kalimat tertulis pula. Karenanya jika Sahabat ingin menjadi seornag penulis, maka segeralah cari sumber bacaan yang bermutu. Buku-buku bermutu akan memberikan pengaruh baik pada kemampuan kita untuk menghasilkan tulisan yang baik pula. 

9. Meningkatkan kemampuan komunikasi
Ternyata dengan banyak membaca maka kemampuan komunikasi Sahabat juga akan meningkat. Membaca pada dasarnya adalah memahami pesan tertulis yang merupakan cara penulis untuk berkomunikasi dengan pembacanya. Karena itu semakin banyak Sahabat membaca, maka akan semakin baik pula kemampuan Sahabat untuk menyampaikan pesan pada orang lain.

10. Meningkatkan fokus dan konsentrasi
Membaca bisa membuat Sahabat mudah fokus? Iya, ini benar. Di kehidupan yang serba instan ini manusia telah menjadi makhluk yang multitasking. Bisa melakukan aneka pekerjaan sekaligus. Mengecek surat elektronik sambil mendengarkan lagu dan mengedit gambar, masak sambil nonton TV dan chat di medsos dan lain sebagainya. Multitasking tak selamanya bagus, karena terbukti malah membuat orang mudah stres. Membaca yang menuntut Sahabat untuk fokus pada apa yang dibaca dan dinikmati akhirnyay membuat otak lebih fokus dan lebih bisa berkonsentrasi dengan baik. 

11. Hiburan murah meriah
Membaca adalah kegiatan relaksasi yang murah meriah. Tak perlu membeli buku, baca di toko buku, baca di perpustakaan dan pinjam buku dari teman tentunya tak membutuhkan banyak biaya bukan? Dibanding kegiatan bersenang-senang yang lain, sungguh membaca adalah kegiatan yang murah meriah.

Nah dengan banyaknya manfaat membaca yang sudah Sahabat tahu, masihkah Sahabat menunda waktu untuk membaca? Oh jangan, mulai dari sekarang. Ayo membaca!



Referensi:
https://seriousreading.com/blog/283-30-reasons-to-read-books.html



#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 

No comments:

Post a Comment

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...