Sunday, October 28, 2018

Gabung Yuk di Komunitas One Day One Post (ODOP)


sumber: https://bit.ly/1YD2xxh


Tak terasa sudah hampir dua bulan saya bergabung dalam komunitas One Day One Post (ODOP). Saya tergabung dalam batch (angkatan) 6. Saya mengetahui komunitas ini ketika tak sengaja menggulirkan jari kea kun komunitas ini di Instagram.

Sesuai namanya peserta akan diminta untuk membuat satu tulisan sehari. Tulisan ini kemudian diposting di blog pribadi masing-masing. Jadi yang Sahabat baca sekarang pun adalah salah satu tugas yang harus saya kerjakan. Selain menulis satu artikel sehari ada artikel tantangan yang berganti tiap minggunya.

Sebelum resmi jadi anggota komunitas ODOP, tiap calon anggota wajib membuat sebuah tulisan dengan tema yang ditentukan oleh panitia dan kemudian diposting di media sosial. Setelah dinyatakan lulus maka kemudian anggota baru dikelompokkan ke dalam grup-grup kecil yang berisi sekitar 15 sampai dengan 25 orang per grup nya. Ada penanggung jawab tiap grup yang membimbing anggota baru dan kemudian merekap hasil tugas yang disetorkan setiapp harinya oleh anggota.

Kerennya, selain tantangan menulis di blog sehari satu tulisan, ada banyak materi yang diberikan tiap minggunya. Biasanya dalam seminggu ada dua tamu yang memberikan materi di grup besar, grup yang diikuti semua anggota, grup umum. Semua pembahasan dan diskusi dilakukan online via WhatsApp dan gratis.

Sejauh ini materi-materi keren gratis yang saya dapat adalah tentang:
  1. Konsistensi menulis
  2. Personal branding
  3. Teknis blogging
  4. Menulis kisah inspirasi
  5. Proses kreatif menulis cerpen
  6. Mengapa harus menulis
  7. Pengantar penulisan fiksi dan non-fiksi

Beberapa materi lain sepertinya ada juga, tapi saya lupa tak mencatat judul-judulnya.

Komunitas ini menarik dan menantang bagi saya yang belajar dan tertarik untuk mulai menghasilkan tulisan-tulisan. Selain tantangan tiap hari yang membuat saya harus menyiasati waktu dan membuat satu kebiasaan baik, membuat satu karya satu hari. Ini bukan hal yang mudah mengingat ada saja hambatan dalam menulis. Yang paling besar tentu saja mengalahkan diri sendiri dalam hal kemalasan.

Hal paling menantang adalah ketika ada anggota yang dalam seminggu tidak mengumpulkan tugas-tugas, maka ia akan ditendang dari grup. Jadi semua berusaha untuk memenuhi tenggat waktu dan ketentuan yang diberikan. Sudah ada beberapa anggota di grup saya yang berguguran di minggu-minggu awal. Adrenalin seperti terpompa kuat. Ini bisa jadi hantu dan sekaligus penyemangat diri.

Bulan depan jika tidak salah, anggota akan dibagi ke dalam grup fiksi dan non-fiksi. Nantinya anggota akan dibimbing untuk memfokuskan diri pada satu jenis tulisan. Saya sendiri masih kebingungan di grup mana saya harus berlabuh.

Tertarik untuk ikut bergabung di angkatan mendatang? Silakan klik link Facebook berikut dan follow akun komunitas ini di Instagram di @komunitas.odop untuk mendapatkan info terbarunya.


#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 



No comments:

Post a Comment

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...