Saturday, October 20, 2018

Niche Keren Pemikat Visitor

sumber: https://bit.ly/2NQvHJ5
Suatu hari di grup kecil One Day One Post diinformasikan tentang pelatihan blogging secara daring. Kelas review nya gratis dan bisa diikuti siapa saja. Masuklah saya dalam grup daring tersebut untuk mengikuti kelas dan seperti biasa saya terpana dengan skill pemateri. Beliau blogger top yang juga dosen di Teknik Lingkungan ITS Surabaya. Blog beliau dibuat sesuai niche nya.

Niche bukan hal baru bagi saya sebenarnya, tapi dari dulu sampai sekarang urusan membuat blog secara profesional selalu gagal lagi dan gagal lagi. Mencoba serius pun sulit, karena kurang niat. Itu saja, tak lebih tak kurang. Sudah banyak blog yang saya buat dan terbengkalai sana sini. Blog terbaru, yang sedang Sahabat baca ini juga sbeenarnya dikhususkan untuk satu niche saja awalnya. Benar-benar khusus hanya satu tema, apadaya jadi melebar tak karuan, saya sendiri bingung hendak dibawa kemana blog ini.

Akhirnya saya putuskan niche nya lifestyle. Mengapa lifestyle? Jawabannya ada di akhir postingan. Saya tinggal membuatnya lebih baik, mempromosikan dengan mantab, dan tentu saja kemudian lay out dibuat cantik dengan domain yang semoga segera berganti menjadi domain berbayar.

Oke, lupakan dulu blog yang berbayar. Berbicara tentang blog, apakah teman-teman juga mempunyai masalah yang sama? Nah, di postingan kali ini saya ingin membahas tentang niche yang paling laku di pasaran. Niche ini bisa dibilang sbeagai yang paling populer, paling dicari. Seneng kan tentunya jika blog bisa dikunjungi banyak pembaca?

Nah ketika membuat sebuah blog hal yang paling penting dipikirkan adalah jenis blog seperti apa yang akan dibuat. Ada banyak jenis blog yang membahas aneka jenis topik juga. Karenanya penentuan niche sangat penting dalam pembuatan blog. Oh ya, dari tadi saya menyebut niche tapi apakah Sahabat semua paham arti kata niche? Niche ini adalah topik khas yang menjadi tema blog. Penjelasan indravedia.com tentang niche adalah Niche blogging adalah sebuah bentuk pemetakan atau pengklasifikasian blog berdasarkan jenis dan isi/kontennya.

Niche blog yang paling popular dan banyak dicari adalah:

Fashion Blog
Pengunjung blog ini terhitung sangat banyak. Blogger sering diundang untuk menghadiri event fashion besar, mendapat merchandise dan banyak lagi keuntungan lain yang diberikan oleh merk fashion ternama. Di Indonesia salah satu blog fashion pilihan adalah Elle & Jess. Jumlah follower medsosnya fantastis! Mencapai 469,300 dan punya akun medsos lengkap mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Food Blog
Niche kedua adalah blog makanan. Wah yang satu ini memang tidak diragukan lagi kekuatannya. Di aneka media sosial banyak berseliweran akun-akun yang membahas tentang makanan mulai dari mukbang alias makan porsi besar, review makanan, bagi-bagi resep, sampai food photography. Di Indonesia blogger makanan yang terkenal adalah www.anakjajan.com. Perkiraan kunjungan per bulan diblognya mencapai 79,000. Wow, fantastis ya?


Travel Blog
Niche
ketiga adalah tentang travel. Ada banyak sekali travel blogger karena tema ini memang seksi. Travelling sudah menjadi gaya hidup masyarakat masa kini. Karenanya blog tentang informasi wisata sangat dicari. Di Indonesia salah satu yang paling terkenal adalah reservasi blog. Kunjungan per bulan mencapai 645,000. Bravo!

IT and Gaming Blog
Niche keempat adalah tentang game dan IT. Ini adalah niche yang menurut saya sangat laku di Indonesia Ada banyak blogger IT dan gaming keren beberapa di antaranya adalah tipspintar.com dan teknojurnal.

Fitness Blog
Niche kelima adalah tentang kebugaran alias fitness. Ini adalah salah satu yang paling dicari karena semua orang menginginkan bentuk tubuh ideal. Sahabat punya tips untuk menjaga kebugaran tubuh? Mengapa tidak mulai membuat blognya sekarang?

DIY Blog
DIY (Do it yourself) blog. Ini adalah niche seksi yang layak dibuat jika Sahabat punya kreativitas tinggi. Tahu cara mengubah benda tak berguna menjadi lebih bermanfaat? Atau mungkin bisa mengubah fungsi dari satu benda menjadi beragam? Sahabat bisa mulai membuat DIY blog, saya akan jadi subscriber sahabat pastinya karena saya temasuk penyuka DIY walaupun jarang membuat barangnya  J.


Music Blog
Niche
ketujuh adalah niche musik. Musik adalah hal yang banyak disuka orang. Genre musik pun ada bermacam-macam. Pilih satu genre yang paling Sahabat suka dan mulai membuat blog ini.
Niche selanjutnya adalah tentang parenting. Yang satu ini pasti jadi idola Mahmud alias mamah muda. Walaupun biasanya menyasar kaum hawa tapi blog ini selalu digandrungi pengunjungnya. Salah satu blog yang masuk kategori blog terbaik versi aseanup.com adalah milik Andra Alodita. Selain tips parenting ada juga konten traveling dan beauty yang diulasnya.

Lifestyle Blog
Niche terakhir adalah tentang lifestyle. Ini adalah blog yang isinya gado-gado, aneka rupa tapi tetap selaras dan dibtulis dengan format yang menarik tentunya. Dalam satu blog bisa dibahas mulai dari masalah kecantikan, kesehatan, gosip, sampai politik.

Saya mengategorikan blog ini sebagai lifestyle blog. Karena harus fokus pada salah satu niche saya akan mencoba untuk terus tekun berada di niche ini, bagaimana menurut sahabat? Sudah menemukan niche  yang tepat untuk bloggingnya kah?



#komunitasonedayonepost

#ODOP_6 

No comments:

Post a Comment

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...