Tuesday, November 20, 2018

Blogging Itu Seru, Ayo Berkarya Lagi

Photo by rawpixel.com from Pexels


Blogging sebenarnya bukan hal baru bagi saya. Saya mengenal blog mungkin sudah lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Apakah kemudian saya sudah jadi blogger profesional yang menghasilkan? Tentu tidak hehehe. Ini semua berkaitan dengan kurang ilmu, kurang silaturahmi, dan kurang konsisten.

Kurang ilmu ya karena blogging itu tentang banyak hal. Mulai dari bagaimana membuat tampilannya menarik, layak dikunjungi, enak dibaca, bisa jadi sumber pemasukan uang jajan dan lain sebagainya. Kurang silaturahmu berkaitan dengan urusan blogwalking alias jalan-jalan ke rumah blogger lain. Saling mengunjungi berpengaruh pada…ah saya lupa apa istilahnya. Yang jelas traffic blog yang baik akan meningkatkan popularitas blog itu sendiri. Selain itu, kunjungan dan komentar dari pembaca akan membuat saya semakin bersemangat menulis. Sekali lagi, ini belum maksimal saya lakukan. Yang ketiga, konsistensi, inilah hal terberat. Niatan untuk terus mengisi blog biasanya kencang di awal dan kendor di pertengahan. Endingnya? Tentu saja blog terbengkalai bertahun-tahun.

Entah sudah berapa blog yang saya buat sampai sekarang. Yang masih saya isi hanya satu blog. Lainnya paling tidak masih say aingat passwordnya. Sisanya? Saya bahkan tak tahu username dan kata kuncinya lagi. Betapa banyak blog-blog terbengkalai itu. Oh ya, saya bahkan sempat membuat blog dengan domain berbayar yang akhirnya juga tersia-siakan, kosong tak terupdate dan rugi uang karena membayar hosting domain. Awalnya saya pikir dengan membeli domain yang berbayar maka saya akan bisa memaksa diri untuk rajin menulis. Ah ini pun alasan klise, tanpa diniati dengan tekad kuat dan konsistensi menulis yang baik ya percuma saja.

Dengan banyak melihat blogger sukses dan saya pun ingin sukses di dunia blogging, maka saya mengikuti beberapa tantangan menulis dan tantangan blog. Buat saya sukses blogging untuk nantinya menghasilkan uang mungkin butuh waktu tahunan. Tapi kesuksesan yang sebenarnya adalah ketika tulisan-tulisan saya bisa menghibur pembaca, mendatangkan komentar baik, memberikan pengetahuan baru, menambah teman, dan membuat saya lebih produktif di rumah. Itu yang utama. Blogging juga menjadi sarana untuk saya terus berlatih menulis. Menjadi penulis dan blogger adalah cita-cita yang selalu saya bayangkan tapi belum terwujud.

Semoga dengan mengikuti challenge dan menimba ilmu dari Blogger Perempuan saya bisa belajar dan berkarya lebih baik lagi.




#BPN30dayChallenge
#BloggerPerempuan

2 comments:

  1. Belajar konsisten itu mbak yang butuh usaha lebih. Aku juga ngerasain. Hihi. Semoga semangat terus ya ikut challenge sampe selesai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin mb. iya nih semoga bisa ikut challenge sampai selesai. konsistensi itu...wis to..niat harus pol-polan :)
      Thx for visiting mb

      Delete

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...