Sunday, September 30, 2018

Jangan Takut Ketularan yang Satu Ini

sumber: https://bit.ly/2jAoj6s

Kindness is contagious. Kebaikan itu menular, maka banyaklah berbuat kebaikan, tunggu keajaibannya, niscaya akan ada yang melakukan hal baik sama dengan yang Sahabat lakukan (Bahkan mungkin lebih banyak yang akan dilakukan). Saya sudah membuktikan itu berulang kali. Saya “korban” dan juga “pelaku”nya. 

Alkisah di masa lalu ketika tinggal dengan kakak perempuan saya, saya sering diajak untuk melakukan kegiatan street feeding, memberi makan kucing jalanan. Awalnya saya biasa saja walaupun punya simpati pada kucing liar. Lama kelamaan, saya jadi punya empati, menabung untuk membeli pakan kucing, dan ikut steril kucing liar untuk mengurangi populasi dan menjaga kucing tetap sehat. Hal ini tidak terjadi serta-merta, butuh waktu. Makin lama melihat mata kucing pun jadi nelangsa, ingin menyelamatkan semua kucing liar di dunia ini.


Ketika saya menikah, ibu mertua melarang saya berdekatan dengan kucing. Pengetahuan  yang kurang tentang penyakit yang disebarkan kucing membuat saya berhati-hati. Tapi saya memberikan pemahaman pada suami yang entah bagaimana menjadi lebih berempati pada para kucing. Awalnya dia mengeluh ketika saya membeli makanan kucing dan memberi makan kucing liar di depan rumah. Kucing-kucing ini akhirnya jadi pelanggan saya sampai sekarang.

Lambat laun suami tidka mengeluh lagi, karena saya tidak menggunakan uang belanja untuk membeli makanan kucing. Pun jika saya pakai tampaknya ia tak terganggu. Sekarang suami memberi makan para kucing dengan kesadaran sendiri. Terkadang melongok keluar jendela melihat tingkah-polah si kucing, dan sering juga menggoda kucing-kucing itu. Apa yang menyebabkan suami jadi sayang dengan para kucing? Entahlah, tapi saya yakin kebaikan itu menular. 

Saya yakin apapun hal baik yang diperbuat di bumi ini, pasti akan mendapat balasannya. Mungkin suami mendapat banyak kemudahan hidup, dan ia merasakan betul bahwa memberi makan kucing liar tak akan membuat saya dan suami miskin. Atau bisa juga ia merasa bahwa kehamilan saya yang cepat adalah anugerah dan rezeki balasan dari perbuatan-perbuatan baik entah yang kami lakukan, atau yang dilakukan oleh orang-orang tua kami dulu.



#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 

No comments:

Post a Comment

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...