Sunday, September 30, 2018

Les Inggris Gratis, Sharing Manfaat Selagi Hidup

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels


No act of kindness, no matter how small, is ever wasted. 


Tidak ada kebaikan, betapapun kecilnya, yang sia-sia. Sahabat, kutipan ini menjadi salah satu pengingat saya setiap hari. Semakin saya menua, semakin banyak pula saya tersadar apa makna kehadiran saya di dunia ini. Kutipan tadi menunjukkan bahwa manusia wajib berbuat baik pada semua, sesama manusia, binatang, dan alam lingkungan tempat tinggal.

Saya memikirkan tentang apa yang bisa saya berikan pada orang lain dan pilihan saya jatuh pada kelas bahasa Inggris gratis untuk pemula. Semenjak saya mengikuti beberapa kelas online via WhatsApp dan mengikuti beberapa komunitas yang menawarkan kelas-kelas gratis, maka saya ikut merasakan betapa bahagianya saya yang kemudian mendapatkan motivasi, teman, pelajaran, dan banyak pengalaman. Saya mengagumi kerja keras para admin di komunitas-komunitas kelas gratis ini yang benar-benar bisa mendedikasikan waktu dan tenaganya tanpa dibayar untuk mengatur agar anggota saling nyaman, dan kelas berjalan dengan baik.

Dari mereka jugalah saya tergerak untuk ikut mengajarkan bahasa Inggris pada mereka yang membutuhkan. Saya juga banyak belajar tentang bagaimana menghidupkan sebuah grup dan saling menyemangati sesama anggota. Jauh dari sempurna tapi saya harap niatan saya untuk membagi apa yang saya tahu bisa bermanfaat bagi semua anggota kelas gratis tersebut.

Pada teknologi yang maju dan mengaburkan batas antarwilayah ini saya juga sangat bersyukur bisa memanfaatkannya. Segalanya terasa mudah dan menyenangkan. Penemu internet, ponsel, dan computer, betapa besar jasa mereka pada peradaban sekarang ini. Mungkin dulu yang mereka lakukan hanya sekedar riset belaka, entah darimana ide yang didapat, pengembangan teknologi dan aneka penelitian yang dilakukan telah membuat hidup saya, dan Sahabat semua jauh lebih mudah. Industri juga berperan penting dalam pertumbuhan teknologi.

Dengan apa yang sudah diciptakan para penemu berjasa ini, saya mampu berhubungan dengan teman-teman yang ingin belajar bahasa Inggris dari Papua sampai Cirebon. Para mahasiswa dari Riau sampai anak SD di Mojokerto juga bisa menggunakan sarana teknologi untuk belajar bersama. Tak mereka sadari keikutsertaan mereka untuk aktif di dalam grup kelas belajar bahasa Inggris gratis juga membuat saya bahagia. Sungguh, hal kecil yang mereka lakukan berdampak besar bagi saya.

Apakah Sahabat juga tertarik untuk berbagi kebahagiaan dan keceriaan sambil belajar bahasa Inggris bersama? Jika Sahabat masih pemula dalam bahasa Inggris, ayo ikuti WAG Les Inggris Gratis dengan klik link ini. Sahabat bia beajar tentang speaking, reading, dan listening bersama. Sahabat juga bisa saling menyemangati sehingga semua anggota grup bisa terpacu untuk belajar dengan tekun. 

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 

2 comments:

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...