Tuesday, September 18, 2018

Menguasai Bahasa Inggris dengan Mudah dan Menyenangkan

sumber: https://bit.ly/2xsy0f7


Saya sering ditanya apa kiat-kiat yang dipakai untuk mudah mempelajari bahasa Inggris. Menurut Anda apakah sulit belajar bahasa Inggris itu? Jika iya sulitnya di mana dan jika tidak bagaimana Anda mengatasinya? Bagaimana hendaknya kita memulai? Cinta!

Ya, cinta. Anda ingat kan bagaimana rasanya jatuh cinta itu? Menyenangkan bukan? Anda bisa melakukan banyak hal yang tidak Anda lakukan sbeelumnya kan? Anda bisa tersenyum bahagia dan berseri-seri sepanjang hari mengingat indahnya cinta itu. Saya juga mencintai bahasa. Kebetulan saya suka bahasa Inggris, ini bahasa asing yang pertama kali saya pelajari.

Tidak, saya tidak jatuh cinta pada pandangan pertama. Saya dulu mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris, mungkin sama dengan kebanyakan. Tetapi kemudian saya mencintainya. Cinta tidak datang dengan sendirinya, ibarat pepatah “witing tresno jalaran soko kulino”, Cinta datang karena kebiasaan, kaena seringnya kita berinteraksi. Maka itulah yang terjadi pada saya. Saya banyak berinteraksi dengan bahasa Inggris.

Saya sering mendengarkan lagu-lagu barat kala itu dari kaset papa saya. Tidak tahu artinya hanya mendengar saja, suka juga tidak. Saya suka lagu Melissa, Abang Tukang Bakso, daripada koleksi papa. Tapi ini menjadi pintu kebiasaan datang. Mama, yang saat itu bekerja di sebuah perusahaan sering membawa pulang beberapa prangko luar negeri yang didapat dari atasan beliau ketika berkorepondensi dengan koleganya. Dari situ saya melihat macam-macam prangko dan mengagumi bagaimana bisa perangko-perangko cantik itu datang melintasi lautan sampai ke kota kecil macam Mojokerto.

Hal-hal seperti ini perlu dipupuk sehingga kecintaan terhadap bahasa asing semakin tebal. Sama seperti ketika kita jatuh hati pada seseorang, semua yang dilakukan untuk mendapatkan cintanya, entah pahit atau manis pasti menyenangkan untuk dijalani. Sama dengan belajar bahasa. Ketertarikan pada hal-hal sederhana berdasarkan cerita saya di atas menjadi dasar untuk belajar dengan lebih giat.
Berdasarkan pengalaman saya belajar bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris inilah cara-cara menyenangkan yang saya lakukan agar belajar lebih mudah dilakukan.

Influence

Saya percaya ini adalah faktor mendasar yang perlu Sahabat miliki. Semakin banyak Sahabat mendapatkan pengaruh bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari, semakin banyak yang Sahabat pelajari. Ubah pengaturan telepon seluler dalam bahasa Inggris, biasakan membaca bahan-bahan dan tulisan berbahasa Inggris di belakang kemasan makanan, ganti subtitle (teks) video favorit yang ditonton dalam bahasa Inggris, tonton acara berbahasa Inggris, dan banyak hal sederhana lain yang bisa Sahabat lakukan. Intinya, ubah semua dalam pengaturan berbahasa Inggris.

Sahabat perlu tahu, saya memang pernah ikut les bahasa Inggris waktu kecil, yang jika saya ingat-ingat pengajarannya asal-asalan saja. Saya berhenti les hanya dua atau tiga bulan tanpa paham apapun. Yang membuat saya sukses belajar bahasa Inggris adalah karena saya sudah membiasakan diri sejak kecil untuk menciptakan lingkungan berbahasa Inggris, walaupun masih pasif. Orang tua yang mendorong tentunya.

Read aloud


Baca, baca, dan terus baca. Saya orang yang sangat percaya bahwa tidak mungkin seseorang bisa berbahasa Inggris dengan baik hanya dengan belajar speaking / conversation tanpa membaca. Pun jika orang itu berhasil berbicara yang lancar (versi orang awam), saya tidak yakin dia bisa mengeja dan menulis kalimat dengan baik dan benar. Ingat, berbahasa Inggris yang benar itu bukan hanya fluent (lancar) tapi juga tepat secara struktur kalimat, makna, dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan membaca, otak kita secara ajaib merekam tata bahasa, penulisan, ejaan, bentuk kata kerja dan aneka hal lainnya. Saya sudah membaca buku berbahasa Inggris tanpa saya pahami isinya sejak SMP kelas 2. Ini termasuk terlambat, tapi di zaman saya sudah lumayan lah.

Saya baca saja keras-keras dan saya tebak maksudnya lewat beberapa gambar yang disertakan, walau sering kali hanya tulisan tanpa gambar. Saya ingat buku yang saya baca adalah buku panduan turisme Hong Kong. Seorang teman memberikannya pada saya. Saya baca keras-keras tanpa yakin pengucapan saya benar atau salah. Tapi, saya mulai belajar tahu pengucapan juga karena saya melakukan langkah ketiga.


Sing along
Langkah ini membantu saya untuk mendapatkan pelafalan yang tepat, dengan cara super menyenangkan. Dari SD kelas 4 saya sudah mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu Barat. Roxette, Bryan Adams, The Offspring, dan penyanyi di zaman itu lagunya saya putar berulang kali, sambil membaca lirik lagu.

Enaknya belajar sejak dini adalah pengucapan akan lebih mirip dengan native.  Lidah belum sekaku orang dewasa yang biasanya medok jika berbahasa Inggris. Karena saya sudah mulai melafalkan beberapa kata, tanpa tahu artinya juga, maka saya lebih mudah melakukan langkah kedua, membaca teks apapun yang berbahasa Inggris.

Friendship
Seperti saya bilang sebelumnya, keajaiban membaca adalah otak kita merekam struktur kalimat, dan contoh-contoh kalimat. Tapi hanya membaca tanpa mempraktikkannya ya sia-sia belaka. Cara paling jitu adalah cari teman yang bisa mendukung kegiatan berbahasa Inggris kita.

Zaman saya dulu belajar, saya mengirim surat pada guru Bahasa Inggris saya dan pada murid-murid beliau di sekolah baru. Kemudian mencari sahabat pena sampai kemudian menggunakan teknologi bernama MIRC, chatting online via internet kala itu. Saya nekad chat di room Amerika, menghindari chat dengan orang Indonesia karena saya chatting untuk belajar selain berteman tentunya.

Dari kegiatan chatting dan korespondensi saya mendapatkan beberapa teman dari Jepang, Amerika Serikat, China, dan Brazil. Kami berkirim surat, perangkonya ya…mahal tapi ini lebih menyenangkan daripada sekedar duduk di kelas untuk les.

Sahabat, jangan khawatir jika bahasa Inggris masih kacau. Yang penting niat, termasuk niat untuk memperbaiki kesalahan ya, bukan dibiarkan tetap salah. Saya berani chat dengan orang asing setelah saya setahun berkorespondensi dengan guru bahasa Inggris dan teman-teman Indonesia yang sama-sama belajar bahasa Inggris.

Sekarang tentunya tidak sulit untuk menemukan teman-teman yang berjuang belajar bahasa Inggris di aneka komunitas atau klub bahasa. Ingat, kosa kata dan tata bahasa didapat dari banyak membaca, termasuk membaca teks dari film yang kita tonton. Jika hanya ikut klub untuk mendengar tanpa belajar sendiri di rumah saya tidak yakin hasilnya maksimal.

 
Practice, practice, practice

Ini pesan yang rasanya tidak perlu saya jabarkan panjang lebar. Semakin banyak Sahabat mencoba, maka semakin banyak Sahabat tahu apa yang perlu dipelajari. Ini juga cara untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keyakinan akan hasil yang sudah dicapai selama masa belajar.

Sahabat, belajar tidak akan ada habisnya. Sampai sekarang pun saya masih belajar dan mencari tahu beberapa hal tentang bahasa Inggris yang penting saya tahu. Beberapa hal sudah saya lupakan, jadi saya perlu mengingatnya kembali.

Oh ya, satu lagi, jika Sahabat sudah merasa cukup lancar dan menguasai bahasa Inggris ikuti tes kemampuan bahasa Inggris macam TOEFL tes atau IELTS atau tes-tes lokal lain yang sejenis. Tes ini akan memberikan ukuran yang tepat tentang sejauh mana pemahaman kita tentang bahasa Inggris. Karena dalam skor (TOEFL yang saya tahu) ada range nilai yang menunjukkan kompetensi kita dalam berbahasa Inggris. Dalam standar tes TOEFL PBT (paper based TOEFL) tempo dulu yang sebenarnya sekarang tidak lagi dipakai, tapi banyak dipakai di universitas untuk syarat yudisium, nilai <400 artinya belum mampu menggunakan bahasa Inggris dalam segala konteks/situasi/topik. Sedangkan nilai 400 – 449 diaggap hanya cukup untuk berkomunikasi yang sangat dasar sekali, itupun dengan bantuan lawan bicara.

Dengan mengikuti tes seperti ini maka Sahabat akan terpacu untuk lebih giat belajar dan terus mempraktikkan bahasa Inggris. Jangan berputus asa dan terus mencoba. Sudah banyak skeali kemudahan yang diberikan oleh dunia teknologi informasi, maka silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selamat belajar bahasa Inggris.



#komunitasonedayonepost
#ODOP_6 

No comments:

Post a Comment

Sang Kala

Sumber gambar: https://www.huffingtonpost.com/2013/12/31/time-art_n_4519734.html “Ceritakan padaku apa yang perlu kudengar.” “...